EDY PUTRA jepara Jl.cik lanang Nm.62 Rt.04/05Kauman Jepara jateng-59417. CALL; +6281904645456 , +6281390345437. E-mail ; edy_putra@ymail.com , edyputrajepara@gmail.com Malayani ; LAS , BODY REPAER MOBIL , MESIN , CAT , JASA FINISHING MEBEL , CALTER MOBIL , MEBEL,FURNITUR
Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese English French German Spain Italian Dutch

Thursday, December 6, 2012

SIKAP PEMERINTAH DALAM KASUS BUPATI GARUT

PRESIDEN TURUT MENGAMATI PERKEMBANGAN KASUS BUPATI GARUT

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengaku baru mengetahui permasalahan Bupati Garut  aceng HM Fikri ini setelah ramai di media pekan lalu. Kejadiannya sendiri sudah berlangsung lima bulan lalu

"Beliau (presiden-red) meminta saya mencermati soal ini. Karena itu, saya kirim tim ke sana," kata Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi di Kantor Presiden, Senin 3 Desember 2012.

Menurut mendagri, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono rupanya turut mengamati kasus pernikahan kontroversial Bupati Garut Aceng Fikri dengan Fany Octora. Pernikahan siri itu hanya berlangsung selama empat hari. Setelah itu, Fany diceraikan melalui SMS.

MELANGGAR UNDANG UNDANG



Menurut Gamawan, aksi nikah kilat Bupati Garut bisa dikenakan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang pemerintahan daerah, khususnya Pasal 27 dan 29. Di dalam Pasal 27 butir F disebutkan kewajiban kepala daerah harus menjaga etika.

Sementara di Pasal 29 butir b, seorang kepala daerah bisa dihentikan kalau tidak menjalankan kewajibannya. "Ya salah satunya yang bisa disangkakan ke Bupati Garut adalah etik, tetapi harus dibuktikan juga di DPRD yang menyidangkan itu," imbuh Gamawan.

Selain dua pasal soal etika kepala daerah, kata Gamawan, Bupati Garut juga bisa dijerat pasal pidana dalam Undang-Undang Nomor 174 tentang Perkawinan. "Di sana disebutkan setiap perkawinan harus dicatatkan kepada pemerintah. Ini diatur dalam Pasal 2 Ayat 2 Undang-Undang Perkawinan," pungkas Gamawan.


Ketua DPRD Garut, Ahmad Bajuri, mengatakan, tuntutan massa bahwa Bupati Garut telah melakukan pelanggaran etika, bahkan kasusnya bukan diseputaran lokal melainkan sudah tingkat nasional. “Makanya kita berupaya menyelesaikan masalah ini dengan mengimpun dan menyusun termasuk aspirasi yang disampaikan masyarakat,” kata Lucky.Wakil Ketua DPRD Garut

Pernikahan siri terjadi 14 Juli 2012, sementara Fany Octora lahir pada Oktober 1994. Pernikahan berlangsung pada 14 Juli hingga 17 Juli 2012.
Perbuatan Aceng dianggap melanggar Undang Undang Nomor 23 Tahun 2002 mengenai Perlindungan Anak.
Ia juga dianggap melanggar UU Nomor 21 Tahun 2007 tentang Perdagangan Orang. Senin hari ini, 3 Desember 2012, Fany juga melaporkan Bupati Garut ke Mabes Polri.

PEMERINTAH PUSAT MENUNGGU SIDANG DPRD GARUT


Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menyatakan pemerintah siap menerima surat pencopotan Bupati Garut Aceng HM Fikri yang melakukan tindakan tidak terpuji dengan melakukan pernikahan kilat selama empat hari dengan perempuan muda berinisial Fani Oktora (18).

Pemerintah pusat masih menunggu hasil rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Garut yang rencananya akan dilakukan Rabu (5/12/2012) pagi. "Ya, kami siap menerima. Kami menunggu sidang yang dilakukan DPRD Garut karena memang menurut prosedurnya kepala daerah yang mau dilengserkan harus menggunakan mekanisme melalui sidang DPRD," ujar Gamawan, Selasa (4/12/2012) malam, di Gedung Kompleks Parlemen Senayan.

Gamawan mengatakan, rapat paripurna DPRD itu harus dihadiri setidaknya 3/4 anggota dan 2/3 anggota menyetujui pencopotan itu. Bila sudah memenuhi syarat, hasil keputusan DPRD harus disampaikan kepada Mahkamah Agung.

Jika MA menyetujui, berkas akan dikembalikan lagi ke DPRD dan mengusulkan pencopotan Bupati Garut kepada Presiden. Proses penelaahan di MA dan Presiden akan berlangsung masing-masing 30 hari.

Nasib Bupati Garut Aceng HM Fikri, yang menikahi Fani Oktora selama empat hari, akan ditentukan dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Garut, Rabu (5/12/2012) pagi. Rapat itu untuk menentukan apakah DPRD Garut akan mengusulkan pemberhentian Aceng kepada Menteri Dalam Negeri.

Dalam rapat pimpinan dewan pada Selasa (4/12/2012) malam, unsur pimpinan DPRD menandatangani berkas perjanjian tertulis untuk menindaklanjuti kasus yang melibatkan Aceng beberapa bulan lalu. Tuntutan untuk memberhentikan Aceng itu disampaikan oleh ratusan pengunjuk rasa dari berbagai elemen kepada DPRD Garut, kemarin.

Aceng dinilai telah melakukan perbuatan tak beretika dengan menikahi wanita berusia 18 tahun pada Juli lalu dan menceraikannya empat hari kemudian. Pernyataan cerai itu disampaikan oleh Aceng melalui pesan singkat atau SMS.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (5/12/2012), menggelar rapat terbatas membahas usulan pemberhentian Bupati Garut, Aceng HM Fikri yang dituduh telah melanggar etika sebagai kepala daerah.

“Sekarang rapat terbatas dulu, sekaligus pengesahan pansus (panitia khusus) usulan pemberhentian Bupati,” kata Ketua DPRD Garut, Ahmad Bajuri, sebelum rapat di gedung DPRD Garut, Rabu.

Dalam rapat pembahasan usulan pemberhentian Bupati Garut itu melibatkan 38 orang dari 50 anggota DPRD. Materi yang dibahas untuk membahas mekanisme usulan pemberhentian kepala daerah agar nantinya tidak melanggar aturan yang berlaku.

“Rapat ini sebagai tindak lanjut yang selama ini berurut-turut aksi terkait masalah Bupati Garut,” kata Wakil Ketua DPRD Garut, Lucky Lukmansyah disela-sela pelaksanaan rapat.

Dugaan pelanggaran etika Bupati Garut yaitu melakukan tindakan menikahi seorang gadis Fani Oktora ,18, secara siri, 14 Juli 2012, empat hari kemudian Bupati menceraikan Fani melalui pesan singkat telepon seluler.

Akibat tindakan Bupati itu, tampaknya menuai protes sejumlah elemen masyarakat Garut, tokoh ulama, hingga ramai diberitakan diberbagai media massa.

MY HOME , MY ALBUM , TUTORIAL BLOG , GAME , BENGKEL MOBIL , ISLAMIC

Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

SILAHKAH COMEN DULU...
MAKASIH TELAH MEMBERI COMEN DAN WUKTUNYA....
SALAM PERSAHABATAN.....
edy putra Jl.cik lanang62 Kauman Rt04/05 Jepara-59417

KLIK MENDENGARKAN LAGU



Photobucket

CARI ARTIKEL DISINI

Loading

COMENTATOR

CARA MEMBUKA KLIK KANAN PADA BLOG JEPARA BUMI KARTINI
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger