EDY PUTRA jepara Jl.cik lanang Nm.62 Rt.04/05Kauman Jepara jateng-59417. CALL; +6281904645456 , +6281390345437. E-mail ; edy_putra@ymail.com , edyputrajepara@gmail.com Malayani ; LAS , BODY REPAER MOBIL , MESIN , CAT , JASA FINISHING MEBEL , CALTER MOBIL , MEBEL,FURNITUR
Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese English French German Spain Italian Dutch

Thursday, July 19, 2012

SIDANG ISTBAT MENENTUKAN 1 ROMANDHON 1433H

PENETAPAN 1 RAMANDHAN 2012

Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang istbat untuk menentukan 1 Ramadan, Kamis (19/7/2012) tadi sorei. Penetapan awal Ramadan akan diambil berdasarkan laporah rukyat hilal (pengamatan bulan baru) dari sejumlah titik di seluruh provinsi.

"Bahwa berdasarkan hisab, hilal tak terlihat di seluruh wilayah Indonesia. Dengan demikian kemungkinan 1 Ramadan jatuh pada 21 Juli, Sabtu (20/7/2012) lusa," terangnya di sela-sela rapat sidang isbat di Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (19/7/2012).

Dia mengatakan, hingga kini pihaknya masih terus menunggu konfirmasi dari tim gabungan rukyah dan hisab yang dilakukan pemerintah, yakni tim yang tersebar di berbagai titik di tanah air.

Zainuddin mengatakan sidang isbat akan digelar di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, mulai pukul 16.30 WIB. Pihak Kemenag, lanjut dia, telah mengundang ormas-ormas Islam, tokoh-tokoh Islam, badan rukyat, dan ahli perbintangan untuk mengikuti sidang isbat tersebut.

"Karena Badan Rukyat yang menghitung penanggalan Islam, Qomariyah," jelas Zainuddin

Menurutnya, penetapan nantinya bisa saja berbeda dengan yang sudah ditetapkan Muhammadiyah, karena ada dua pendekatan yang berbeda.

"Ya bisa saja berbeda karena ada dua metode yaitu hisab dan rukyat. Kalau Muhammadiyah kan cenderung pakai hisab, dan yang lain cenderung memakai rukyat. Tapi nanti akan tetap diperhitungkan kok," lanjutnya.

Dalam sidang nanti juga akan ada paparan posisi hilal dari berbagai titik di seluruh Indonesia. Mengenai ketidakhadiran Muhammadiyah, Zainuddin menyerahkan hal itu kepada yang terkait.

"Ya ini kan undangan, sifatnya tidak wajib. Jadi mau datang atau tidak itu saya kembalikan kepada yang bersangkutan. Ya kita lihat saja nanti. Kami belum dapat pemberitahuan," pungkasnya.

PEMERINTAH MENETAPKAN 1 ROMANDHON SABTU 20 JULY 2012

Menteri Agama Suryadharma Ali mengungkapkan bahwa hasil sementara sidang isbat sekitar pukul 18.00 WIB, hilal tidak terlihat di seluruh wilayah Indonesia. Dengan demikian, pemerintah dimungkinkan akan menetapkan awal puasa Ramadan 1433 Hijriyah pada Sabtu, 21 Juli 2012, sebagai hari pertama puasa.

"(Keputusannya) setelah ini kira-kira jam 19.30 WIB, ini bukan sementara, ini referensi dari sisi hisab. Dan 1 Ramadan akan jatuh pada 21 Juli 2012. Nanti pukul 19.00, kita baru adakan sidang isbat," ungkap Suryadharma Ali.

Dalam sidang isbat tersebut, lanjut dia, pihaknya akan mendengarkan laporan-laporan dari tim rukyah dan hisab di berbagai titik di Indonesia itu sebelum akhirnya diambil keputusan kapan awal puasa pada Ramadan 1433 Hijriyah

KERAJAAN ARAB DAN MALAYSIA 1 ROMANDHON JUMAT 20 JULY 2012

Awal Ramadan di sejumlah negara Muslim jatuh pada hari yang berbeda-beda. Di Kerajaan Arab Saudi, kemungkinan 1 Ramadan 1433 H jatuh bertepatan dengan hari Jumat, 20 Juli 2012.

Sebagaimana dilansir dari situs Arab News, Kamis (19/7/2012), Komite Ulama Kerajaan Arab Saudi menetapkan 1 Ramadan 1433 H jatuh Jumat besok. Anggota Dewan Ulama Senior Arab Saudi mengumumkan melalui Kantor Berita Saudi Press dan media setempat bahwa awal puasa atau waktu menahan (imsakiyah) akan serentak dilakukan pada hari Jumat.

Bahkan ulama Arab Saudi juga menetapkan 1 Syawal sebagai hari Idul Fitri jatuh pada 19 Agustus 2012. Ketetapan itu juga sesuai dengan Kalender Ummul Quro yang diakui ulama Arab Saudi dan pemerintah. Arahan dari Syekh Abdul Aziz bin Baz kepada sejumlah sarjana untuk melakukan pengamatan, hasilnya sesuai dengan Kalender Ummul Qura.

Namun demikian, ketetapan tersebut baru akan dipastikan melalui pengamatan terhadap hilal (bulan baru) pada Kamis sore nanti. Pakar astronomi Arab Saudi mengatakan bulan sabit yang menandakan awal Ramadan akan dapat disaksikan pada Kamis sore.

"Bulan baru akan terlihat pada Kamis sore kira-kira 6 menit setelah matahari terbenam, kemunculannya seperti bulan baru yang dapat diamati dengan jelas," ujar pakar astronomi Arab Saudi, Abdul Aziz Al-Shammari.

"Jika seorang saksi mengaku melihat dengan jelas bulan baru pada Kamis sore, maka Jumat akan menjadi hari pertama Ramadan," kata Al-Shammari.

Negara-negara Arab umumnya menetapkan awal Ramadan pada Jumat (20/7). Namun ada beberapa negara lain seperti Aljazair dan Tunisia baru memulai pada hari berikutnya, Sabtu (21/7).

Demikian juga dengan Pemerintah Malaysia menetapkan awal Ramadan sabtu 21 july 2012 setelah melalui metode rukyah hilal yang dilakukan tadi sore. Pengamatan bulan baru di Malaysia dilakukan di 30 lokasi berbeda di seluruh negara.

PP MUHAMMADIYAH TIDAK HADIR DALAM SIDANG ISTBAT 1433H


Menteri Agama Suryadharma Ali menyesalkan keputusan dari organisasi Islam Muhammadiyah, yang tidak menghadiri sidang Isbat, di Kementerian Agama, Jakarta.

Suryadharma menilai, perbedaan dalam penetapan Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri akan terus terjadi selama kriteria yang ditetapkan berbeda-beda. Namun Suryadharma menilai perbedaan itu harus dihargai, bukan diperuncing. "Perbedaan tidak bisa dihadiri selama kriterian berbeda beda," katanya.


"Ya tentu saya menyesalkan kalau Muhyammdiyah tidak hadir, oleh karena saya masih berharap untuk Muhammadiyah hadir, agar tidak memperuncing perbedaannya tetapi yang terpenting kebersamaanya," harap Suryadharma, di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (19/7/2012).


Sementara PP Muhammadiyah telah memutuskan bahwa 1 Ramadan jatuh Jumat 20 JULI 2012. Ormas Islam terbesar kedua di Indonesia ini menyerukan umatnya untuk saling menghormati bila ada perbedaan dimulainya bulan puasa.

Sementara dari hasil pemantauan hilal di Makassar, tim belum menyaksikan penampakan hilal atau hilal berada di posisi 1 derajat 19 menit. Hingga matahari terbenam pada pukul 18.05 Wita, hilal masih di bawah 2 derajat.

Selain di Makassar, hilal juga belum nampak berdasarkan pemantauan di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Hingga matahari terbenam pada pukul 18.12 Wita, posisi bulan saat matahari terbenam di Mataram memang berada pada 01 derajat 47 menit 33 detik

JADIKAN PERBEDAAN ITU KEINDAHAN .....



MY HOME , MY ALBUM , TUTORIAL BLOG , GAME , BENGKEL MOBIL , ISLAMIC



Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

SILAHKAH COMEN DULU...
MAKASIH TELAH MEMBERI COMEN DAN WUKTUNYA....
SALAM PERSAHABATAN.....
edy putra Jl.cik lanang62 Kauman Rt04/05 Jepara-59417

KLIK MENDENGARKAN LAGU



Photobucket

CARI ARTIKEL DISINI

Loading

COMENTATOR

CARA MEMBUKA KLIK KANAN PADA BLOG JEPARA BUMI KARTINI
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger