EDY PUTRA jepara Jl.cik lanang Nm.62 Rt.04/05Kauman Jepara jateng-59417. CALL; +6281904645456 , +6281390345437. E-mail ; edy_putra@ymail.com , edyputrajepara@gmail.com Malayani ; LAS , BODY REPAER MOBIL , MESIN , CAT , JASA FINISHING MEBEL , CALTER MOBIL , MEBEL,FURNITUR
Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese English French German Spain Italian Dutch

Sunday, July 31, 2011

AWAL PUASA RAMANDHAN 2011 - 1432H

PEMERINTAH UMUMKAN PUASA HARI INI

Minggu malem senin semua suro,musholla,langgar,masjid telah mangadakan sholat tarawih bersama ,ini menandakan dimulainya puasa ramandhan 1432H
Pemerintah melalui mentri agama telah mengadakan rapat sidang isbat untuk menentukan 1 Ramadhan 1432 Hijriah, Minggu (31/7/2011), pukul 17.00 WIB. Sidang tersebut  dilakukan di Kantor Kementerian Agama dan yang akan diikuti oleh beberapa perwakilan organisasi Islam, antara lain Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, dan Persatuan Islam (Persis).
Sidang isbat bersifat terbuka untuk umum. Selain organisasi keagamaan, pakar ilmu perbintangan bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) . Sidang akan membahas hasil rukyatul hilal atau peneropongan hilal (penampakan bulan di titik awal) dari tim-tim yang disebar ke seluruh titik yang memungkinkan untuk memantau hilal. Setelah itu, Menteri Agama akan membacakan keputusanya..

Dalam sidang itu, Kementerian Agama akan mendengarkan presentasi dari beberapa perwakilan organisasi Islam dari daerah yang sudah memantau hasil rukyatul hilal (pemantauan penampakan bulan di titik awal).
Mengenai prediksi bahwa 1 Ramadhan akan jatuh pada 1 Agustus 2011, Nazaruddin membenarkan hal itu. Pasalnya, menurut dia, penetapan puasa memang bisa diprediksi, dengan cara menghitung derajat ketinggian hilal (hisab). Menjelang tanggal 1 Ramadhan, ketinggian hilal biasanya di atas 0 hingga 2 derajat.

"Sekarang posisi bulan sudah enam derajat, jadi aman. Namun untuk pastinya, kita akan tunggu hasil resmi dari pemerintah setelah sidang isbat nanti ," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan, sidang isbat merupakan salah satu cara untuk menentukan jatuhnya tanggal 1 Ramadhan dengan cara melihat posisi bulan. Suryadharma juga berharap agar semua pihak dapat bersama dan sepakat menerima keputusan jika 1 Ramadhan jatuh pada 1 Agustus 2011.

INFORMASI HILAL

Untuk memberikan informasi hilal astronomi secara lebih luas dan terbuka kepada masyarakat, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk., dan Observatorium Bosscha – FMIPA, Institut Teknologi Bandung menyediakan layanan tayangan langsung hilal astronomi melalui halaman web ini. Pelaksanaan pengamatan hilal tahun ini didukung juga oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim - RIAU, Rukyatul Hilal Indonesia, Universitas Lampung, Universitas Mataram, Universitas Hasanuddin, Universitas Pendidikan Indonesia dan LAPAN. Melalui tayangan langsung ini diharapkan agar masyarakat luas berkesempatan untuk dapat ikut menyaksikan hilal dan memahami fenomena alam yang terkait.


Hilal adalah penampakan bulan sabit muda yang terlihat dari permukaan Bumi setelah konjungsi/ijtimak. Banyak kegiatan penting ke-Islam-an mengambil dasar posisi Bulan di langit, seperti Tahun Baru Hijriah, awal shaum Ramadhan, dan Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Dengan demikian dipandang penting untuk menyebarluaskan informasi awal bulan baru yang ditandai oleh tampakan hilal.

Informasi hilal astronomi yang disampaikan ini kiranya dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan yang diperlukan bagi pengambilan keputusan oleh Badan/Institusi yang berwenang secara kenegaraan. Hal ini sangat penting karena menyangkut hajat umat Islam baik secara nasional maupun regional.


Website (http://bosscha.itb.ac.id) ini memberikan informasi Hilal tahun 2011, Berupa Relay Video Streaming Hilal Ramadhan dan Syawal dari Website Kemenkominfo yang diterima dari beberapa titik lokasi pengamatan yang telah ditentukan. Adapun titik titik pengamatan tersebut adalah

Biak Papua, Kupang, Makasar, Mataram NTB, Bangkalan, Pontianak, Yogyakarta,  Lampung, UPI Bandung Pamengpeuk Jabar, Pekanbaru Riau, Lok Ngah Aceh , denpasar, medan, pelabuhan ratu


LIVE STREAMING

Untuk bisa melihat langsung hilal puasa ramandhan 2011-1432H silahkan  Klik
1.  http://hilal.kominfo.go.id
2.  http://bosscha.itb.ac.id/hilal 

Kami keluarga besar edy putra jepara mengucapkan selamat berpuasa ramandhan 1432H ...
Somga puasa kita mendapatkan rahmad,hidayah dan kekuatan dari ALLAH swt .... Amin.

 MY HOME , MY ALBUM , TUTORIAL BLOG , GAME , BENGKEL MOBIL , ISLAMIC

Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

SILAHKAH COMEN DULU...
MAKASIH TELAH MEMBERI COMEN DAN WUKTUNYA....
SALAM PERSAHABATAN.....
edy putra Jl.cik lanang62 Kauman Rt04/05 Jepara-59417

KLIK MENDENGARKAN LAGU



Photobucket

CARI ARTIKEL DISINI

Loading

COMENTATOR

CARA MEMBUKA KLIK KANAN PADA BLOG JEPARA BUMI KARTINI
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger