EDY PUTRA jepara Jl.cik lanang Nm.62 Rt.04/05Kauman Jepara jateng-59417. CALL; +6281904645456 , +6281390345437. E-mail ; edy_putra@ymail.com , edyputrajepara@gmail.com Malayani ; LAS , BODY REPAER MOBIL , MESIN , CAT , JASA FINISHING MEBEL , CALTER MOBIL , MEBEL,FURNITUR
Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese English French German Spain Italian Dutch

Tuesday, May 10, 2011

KRONOLOGI KECELAKAAN PESAWAT MERPATI MA-60 DI KAIMANA

KRONOLOGI KEJADIAN
Pesawat MA-60 dengan registrasi PK-MZK dan nomor penerbangan MZ 8968 milik Merpati Nusantara Airlines berangkat dari Bandara Domine Eduard Osok, Sorong, pukul 12.45 WIT. Pesawat diperkirakan akan mendarat di Bandara Utarom di Kaimana pukul 13.55 WIT.

Inilah kronologi sementara kecelakaan pesawat milik Merpati di Kaimana. Kronologi sementara ini dipaparkan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Herry Bakti, malam ini (7/5/2011).

Pesawat berkapasitas 56 penumpang tersebut hanya diisi 21 penumpang yang terdiri dari 18 penumpang dewasa, 1 anak dan 2 bayi (Antara sebelumnya menyebut pesawat berkapasitas 60 tempat duduk, membawa 25 penumpang yang terdiri dari 17 laki-laki, 6 perempuan, dan 2 anak). Adapun jumlah kru pesawat 6 orang, terdiri pilot (Capt Purwadi Wahyu) dan kopilot, dua pramugari, serta dua teknisi.

Pesawat sudah dalam posisi melintas di atas landasan pacu Bandara Utarom. Prosedur pendaratan di bandara ini memang cukup unik. Di sebelah kiri landasan pacu terdapat gunung yang cukup tinggi. Pesawat dari Sorong harus naik ke atas melewati gunung tersebut dan melintasi landasan pacu. Kemudian pesawat harus belok ke kiri untuk menempatkan posisi pendaratan di Runway 01.

"Kontak terakhir pilot dengan menara air traffic control (menara ATC) di bandara adalah pesawat sudah belok ke kiri dan siap untuk mendarat. Setelah itu, pesawat langsung hilang komunikasi," ujar Herry Bakti.

Pada saat itu, di sekitar bandara hujan deras. Namun, pesawat bisa mendarat karena sebelum pesawat milik Merpati ini akan mendarat, ada pesawat lain yang sudah mendarat. Pesawat Merpati ini diperkirakan ditching (melakukan pendaratan di air/ laut) dan pecah menjadi dua bagian begitu mendarat. Kecelakaan tersebut diperkirakan terjadi sekitar pukul 14.05 WIT di perairan Kaimana sekitar 500 meter dari ujung landasan.

BLACK BOX  DI TEMUKAN

Black Box ( Kotk Hitam ) Merpati Telah Ditemukan. Tim SAR yang diterjunkan untuk mengevakuasi korban dan mencari kotak hitam (Black Box) pesawat Merpati tipe MA 60 milik PT Merpati Nusantara Airlines yang jatuh di Perairan Kaimana, hingga Minggu sore ini masih berlangsung. Jumlah korban yang berhasil dievakuasi ke darat hingga pukul 15.35 WIT, berjumlah 20 orang. Menurut info terbaru, pihak tim SAR telah berhasil menemukan 3 mayat Kru pesawat plus kotak hitam (Black Box) yang tertimpa tubuh salah satu korban kecelakaan pesawat Merpati tersebut.

Direktur Niaga Merpati, Tony Aulia Achmad, mengatakan tentang telah diketemukannya black box dari pesawat Merpati Airlines yang jatuh di Kaimana tersebut. “kotak hitam sudah ditemukan yang tergencet di bawah mayat. Nah, mayat ini kami belum bisa pastikan apakah pilot atau bukan, kalau dilihat dari pakaiannya pilot. Tapi kami belum memberikan statemen resmi terkait identitasnya,“
pesawat merpati airlines

Merpati Airlines

Selain itu juga pihak Kepala Basarnas Pusat Nono Sampono mengatakan mengalami kendala dalam proses Evakuasi korban dan pencarian Kotak Hitam (Black Box) Merpati yang jatuh di Kaimana itu. Beliau mengatakan agak sulit karena badan pesawat Merpati yang jatuh di laut itu telah hancur berkeping-keping. Selain itu juga faktor cuaca buruk yang menyelimuti Kota Kaimana, Papua Barat, Sabtu siang hingga sore, mengakibatkan bangkai pesawat terseret hingga 500 meter dari bibir pantai.

“Hingga Minggu sore ini, tim SAR belum berhasil menemukan bangkai pesawat utama yang utuh. Yang kami temukan hanya kepingan pesawat. Tapi, tim SAR yang melakukan penyelaman telah menemukan roda pesawat,” ungkap beliau.

Tentunya dengan kabar telah diketemukannya black box Merpati yang jatuh di Kaimana ini bisa mengungkap kejadian sebenarnya, faktor apakah yang membuat pesawat tipe MA-60 milik maskapai penerbangan Merpati Airlines jatuh ke laut daerah Kaimana, Papua Barat. Semoga cepat terungkap, dan segera di rilis bagaimana kronologi jatuhnya pesawat Merpati di Kaimana itu setelah Black Box Merpati diketemukan.
Untuk para korban pesawat merpati MA-60 silahkan baca   DISINI


MY ALBUM , TUTORIAL BLOG , GAME , BENGKEL MOBIL , ISLAMIC


Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

SILAHKAH COMEN DULU...
MAKASIH TELAH MEMBERI COMEN DAN WUKTUNYA....
SALAM PERSAHABATAN.....
edy putra Jl.cik lanang62 Kauman Rt04/05 Jepara-59417

KLIK MENDENGARKAN LAGU



Photobucket

CARI ARTIKEL DISINI

Loading

COMENTATOR

CARA MEMBUKA KLIK KANAN PADA BLOG JEPARA BUMI KARTINI
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger