EDY PUTRA jepara Jl.cik lanang Nm.62 Rt.04/05Kauman Jepara jateng-59417. CALL; +6281904645456 , +6281390345437. E-mail ; edy_putra@ymail.com , edyputrajepara@gmail.com Malayani ; LAS , BODY REPAER MOBIL , MESIN , CAT , JASA FINISHING MEBEL , CALTER MOBIL , MEBEL,FURNITUR
Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese English French German Spain Italian Dutch

Monday, March 14, 2011

TENTANG GRAFIK KOMPUTER | 2D DAN 3D

Grafik komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang mempelajari teknik pembuatan dan manipulasi gambar (objek visual) secara digital. istilah grafik komputer ditemukan pada tahun 1960 oleh William Fetter.

“Grafik komputer” atau Grafika komputer (Computer graphics), salah satu cabang ilmu komputer yang berhubungan dengan pembuatan dan manipulasi gambar visual secara digital. Bentuk dari grafik komputer ini berawal dari grafika komputer 2D yang merupakan bentuk sederhana dari grafik komputer ini. 

Kemudian grafik komputer mengalami perkembanagn yang lebih canggih dari teknologi 2D menjadi grafika komputer 3D. Cabang ilmu komputer ini emmiliki dua cabang lahi, yaitu pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafik komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.

Bagian dari disiplin ilmu grafik komputer meliputi:
• Geometri: yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
• Animasi: yaitu ilmu untuk mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
• Rendering: yaitu ilmu untuk mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
• Citra (Imaging): yaitu ilmu untuk mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.

Lebih detailnya sebagai berikut
1. Geometri identik dengan grafik 2 Dimensi. definisi geometri adalah besaran rotasi suatu garis dari satu titik pangkal ke posisi yang lain. geometri dipelajari sebagai dasar pembuatan permukaan bidang. (dalam hal ini bidang adalah representasi dari grafik 2 dimensi).

2. Definisi sederhana dari animasi adalah sebuah objek yang bergerak. awal penemuan animasi adalah ketika beberapa gambar pada kertas diputar-putar sehingga menghasilkan gambar yang bergerak. sejak itu teknologi semakin berkembang sampai digunakannya komputer sebagai alat bantu pembuatan animasi. sehingga proses pambuatan animasi semakin cepat. dalam grafik komputer animasi digunakan untuk menggambarkan dan memanipulasi gerakan.

3. Teknik rendering merupakan teknik untuk membuat obyek tampak lebih hidup. Pada teknik render ini kita dapat menggunakan warna dasar (merah, kuning, hijau, dll) atau dengan memberikan material pada obyek-obyek tersebut. Selain pemberian warna ataupun material, dapat juga obyek tersebut diberi efek pencahayaan dan latar belakang. dalam grafik komputer rendering digunakan untuk mempelajari algoritma dalam pemberian efek cahaya.

4. Definisi citra menurut kamus Webster adalah suatu representasi, kemiripan, atau imitasi dari suatu obyek atau benda. Sebuah citra mengandung informasi tentang obyek yang direpresentasikan. Citra dapat dikelompokkan menjadi citra tampak dan citra tak tampak. Untuk dapat dilihat mata manusia, citra tak tampakharus dirubah menjadi citra tampak, misalnya dengan menampilkannya di monitor, dicetak di kertas dan sebagainya. Salah satu contoh citra tak tampak adalah citra digital. Citra sebagai keluaran suatu sistem perekaman data dapat bersifat optik berupa foto, bersifat analog berupa sinyal-sinyal video seperti gambar pada monitor televisi, atau bersifat digital yang dapat langsung disimpan pada suatu pita magnetik. Citra digital merupakan suatu larik dua dimensi atau suatu matriks yang elemen-elemennya menyatakan tingkat keabuan dari elemen gambar. Jadi informasi yang terkandung bersifat diskret. Citra digital tidak selalu merupakan hasil langsung data rekaman suatu sistem. Kadang-kadang hasil rekaman data bersifat kontinu seperti gambar pada monitor televisi, foto sinar-X, dan lain sebagainya. Dengan demikian untuk mendapatkan suatu citra digital diperlukan suatu proses konversi, sehingga citra tersebut selanjutnya dapat diproses dengan komputer. dalam grafik kopputer citra digunakan untuk mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.

Pada perkembangan saat ini, pemanfaatan teknologi grafika komputer
sangat dibutuhkan untuk memvisualisasikan objek-objek dunia nyata menjadi
objek grafis, dan implementasi yang real yaitu digunakannya teknologi grafika
komputer pada fraktal untuk pembuatan aplikasi desain suatu benda.

William Fetter,. pada saat itu grafik komputer didefinisikan sebagai pembentukan desain model cockpit (boeing) dengan menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh manusia 3 dimensi. Pada tahun 1963 perkembangan teknologi grafik komputer ditandai dengan ditemukannya Sutherland atau MIT, Sketchpad yang digunakan untuk manipulasi secara langsung, alat untuk menampilkan Caligraphic (vector) dan Mouse oleh Douglas Englebert. perkembangan grafik komputer juga ditunjukan dalam bidang perfilman. pada tahun 1977 film Star Wars mulai menggunakan grafik komputer.
”Toy Story” (1995), merupakan film pertama yang di produksi oleh The Walt Disney Company secara penuh menggunakan teknologi komputer dan ilmu Grafik komputer. Sejak saat itu, mulailah studio animasi digital lain untuk membuat film serupa. diantaranya Blue Sky Studios (Fox), DNA Productions (Paramount Pictures and Warner Bros.), Onation Studios (Paramount Pictures), Sony Pictures Animation (Columbia Pictures) dan DreamWorks.

Kunci pembuatan film-film ini adalah sebuah aplikasi komputer grafis yang disebut computer generated imagery (CGI). Dengan perangkat lunak ini bisa diciptakan gambar 3D lengkap dengan berbagai efek yang dikehendaki. Beberapa software CGI populer antara lain Art of Illusion (bisa di-download di sourceforce.net), Maya, Blender, dan lain-lain.


Salah satu efek CGI dalam film yang kurang dikenal, namun penting, adalah digital grading. Dengan efek ini warna asli hasil shooting direvisi menggunakan perangkat lunak untuk memberikan kesan sesuai dengan skenario. Contohnya wajah Sean Bean (pemeran Boromir) dalam ”The Lord of the Rings: the Two Tower” ketika mati dibuat lebih pucat. Jadi, tidak dengan trik kosmetik, tetapi dengan polesan komputer.

Lantas, bagaimana dengan mimik wajah yang bisa mengekspresikan perasaan haru, sedih, ataupun gembira pada tokoh ciptaan komputer? Dalam pembuatannya, animasi komputer mengkombinasikan vektor grafik dengan pergerakan yang sudah terprogram. Bagian-bagian utama seperti pada wajah, tangan, kaki, dll terdiri dari sejumlah variabel animasi yang akan dikendalikan dengan pemberian nilai tertentu untuk menampilkan ekspresi atau mimik wajah yang dikehendaki.

 PERBEDAAN 2D DAN 3D

Bentuk grafik 3D dan 2D adalah bentuk sederhana dari teknologi grafik komputer. grafik komputer 2 dimensi yang digambarkan sebagai sebuah bidang yang hanya memiliki dua komponen yaitu panjang dan lebar. dalam sebuah grafik, grafik komputer 2 dimensi terdiri dari dua koordinat yaitu koordinat x yang berada pada sumbu x dan koordinat y yang berada pada sumbu y. agar dapat tampil dengan sempurna, maka dalam menggunakan teknik ini sebuah bidang harus memiliki koordinat x dan y minimum 0, dan maksimum sebesar resolusi yang diinginkan. grafik 3 dimensi digambarkan sebagai sebuah ruang. memiliki tiga komponen yaitu panjang, lebar dan tinggi. jika digambarkan dalam grafik, grafik 3 dimensi mamiliki tiga koordinat, yaitu koordinat x pada sumbu x (datar), koordinat y pada sumbu y (tegak), dan koordinat z pada sumbu z (miring). Representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. grafik 3D biasanya digunakan dalam penanganan grafis.

Perbedaan antara grafik 2D dan 3D juga dapat dilihat dari karakteristiknya. pada umumnya grafik 3D merupakan penyempurnaan dari grafik 2Dyang telah malalui serangkaian proses.

karakteristik dari grafik 2D antara lain.

1. Memiliki tampilan gambar yang datar (flat).

2. Perspektif.

3. Hanya memiliki warna dasar.

4. Berupa struk garis.

5. Menggunakan outline.

6. Memiliki frame layar yang terbatas.

7. Tidak menggunakan lighting.

8. Biasanya menggunakan shading.

9. Objek berada pada koordinat XY.

Karakteristik dari grafik 3D, antara lain.

1. Memiliki variasi warna yang lebih banyak.

2. Memiliki layar tampilan yang lebih luas.

3. Objek berada dalam bidang XYZ.

4. Dapat menggunakan teknik lighting.

5. Dapat menimbulkan gambar yang timbul (tidak flat).

6. Memiliki tampilan yang lebih dramatis.

Sampai saat ini ilmu grafik komputer mengalami perkembangan yang cukup pesat. Sehingga bisa menghasilkan gambar digital yang mendekati real. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

2 comments:

andiny oktariana said...

kita juga punya nih artikel mengenai grafik komputer, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3166/1/IMG_0006.pdf
semoga bermanfaat

andiny oktariana said...

kita juga punya nih artikel mengenai 'Grafik Komputer', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/836/1/D87-D95_Yusuf.pdf
trimakasih
semoga bermanfaat

Post a Comment

SILAHKAH COMEN DULU...
MAKASIH TELAH MEMBERI COMEN DAN WUKTUNYA....
SALAM PERSAHABATAN.....
edy putra Jl.cik lanang62 Kauman Rt04/05 Jepara-59417

KLIK MENDENGARKAN LAGU



Photobucket

CARI ARTIKEL DISINI

Loading

COMENTATOR

CARA MEMBUKA KLIK KANAN PADA BLOG JEPARA BUMI KARTINI
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger