EDY PUTRA jepara Jl.cik lanang Nm.62 Rt.04/05Kauman Jepara jateng-59417. CALL; +6281904645456 , +6281390345437. E-mail ; edy_putra@ymail.com , edyputrajepara@gmail.com Malayani ; LAS , BODY REPAER MOBIL , MESIN , CAT , JASA FINISHING MEBEL , CALTER MOBIL , MEBEL,FURNITUR
Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese English French German Spain Italian Dutch

Tuesday, February 15, 2011

SUSNO DUADJI DIVONIS 7 TAHUN PENJARA DENDA 500 JUTA DAN PENGGANTI 8,5 MILLIAR

Mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri Komjen Pol Susno Duadji,, tersangka kasus suap PT Salma Arowana Lestari (SAL) dan korupsi pemotongan dana Pilkada Jabar 2008 dituntut hukuman tujuh tahun penjara.
Selain menuntut 7 tahun penjara, JPU juga menuntut Susno, dengan denda sebesar Rp500 juta subsider 6 bulan kurungan. kata JPU,
Tuntutan tersebut terungkap dalam persidangan dengan agenda pembacaan tuntutan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Senin (14/2/2011).

Pada kasus korupsi pemotongan pilkada jabar, Susno terbukti bersalah telah menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau korporasi, menyalahgunakan wewenang, kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara.

"Jika tidak dibayar satu bulan setelah putusan, harta benda terdakwa disita dan dilelang untuk menutupi uang pengganti," ucap Erbagtyo Rohan, koordinator tim JPU, saat membacakan tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (14/2/2011) sore.

Dikatakan jaksa, jika Susno tak mampu membayar uang pengganti, terdakwa harus mengganti dengan penjara selama empat tahun. Jika Susno hanya membayar sebagian dari uang yang seharusnya dibayar, lama pidana penjara diperhitungkan berdasarkan sisa uang yang belum dibayar.



"Susno dijerat pasal 3 jo pasal 18 UU Tipikor jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP," ucap JPU Narendra Jatna di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (14/2/2011).

Untuk kasus PT Salmah Arowana Lestari (PT SAL), Susno terbukti bersalah melanggar pasal 11 jo pasal 18 UU Tipikor, karena telah menerima hadiah atau janji yang berhubungan dengan jabatannya.

Hal-hal yang memberatkan,kata JPU, Susno sebagai pejabat Kabareskrim dan Mantan Kapolda tidak mendukung program pemerintah yaitu korupsi dan nepotisme
"Sebagai aparat penegak hukum, dan Mantan pegawai PPATK, seharusnya terdakwa bekerja sesuai peraturan undang-undang dan tidak menyimpang dan tidak menyesali perbuatannya," ucap JPU.

Adapun hal-hal yang meringankan, tambah JPU, Susno mendapatkan perlindungan sebagai saksi sekaligus tersangka dari LPSK. "Sesuai Pasal 10 Ayat 2 UU Nomor 13 Tahun 2006, terdakwa berhak dapat keringanan hukuman. Terdakwa pernah berjasa dan berdinas di kepolisian cukup lama, terdakwa belum pernah dihukum dan belaku sopan," papar jaksa.
"Terdakwa tidak pernah dihukum, dan Bersikap sopan dalam persidangan," ucapnya.

Seperti diberitakan, Susno dituduh menerima uang Rp 500 juta dari Haposan Hutagalung melalui Sjahril Djohan saat menjabat Kepala Bareskrim Polri. Uang itu agar kasus PT Salma Arowana Lestari (PT SAL) segera diselesaikan penyidik Bareskrim.


Kasus itu berawal ketika Ho Kian Huat, pengusaha asal Singapura, melaporkan Anwar Salma, pemilik PT SAL dengan sangkaan penggelapan.

Kasus kedua yakni korupsi dana pengamanan Pemilukada Jabar tahun 2008 sebesar Rp 8,5 miliar. Susno selaku Kepala Polda Jabar dituduh memerintahkan Maman Abulrahman Pasya selaku Kepala Bagian Keuangan Polda Jabar untuk memotong dana hibah dari Pemprov Jabar sebesar Rp 27,7 miliar.

Selain menuntut hukuman selama tujuh tahun penjara ditambah denda sebesar Rp 500 juta subsider enam bulan kurungan, jaksa penuntut umum juga menuntut terdakwa Komisaris Jenderal Susno Duadji membayar uang pengganti untuk negara sebesar Rp 8,5 miliar dan merampas harta sebesar Rp 125 juta yang telah disita.
Baca juaga  Biografi susno duadji

TUTORIAL BLOG ,MEBEL antik , GAME online , BENGKEL MOBIL , ISLAMIC , MY FACEBOOK

Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

SILAHKAH COMEN DULU...
MAKASIH TELAH MEMBERI COMEN DAN WUKTUNYA....
SALAM PERSAHABATAN.....
edy putra Jl.cik lanang62 Kauman Rt04/05 Jepara-59417

KLIK MENDENGARKAN LAGU



Photobucket

CARI ARTIKEL DISINI

Loading

COMENTATOR

CARA MEMBUKA KLIK KANAN PADA BLOG JEPARA BUMI KARTINI
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger