EDY PUTRA jepara Jl.cik lanang Nm.62 Rt.04/05Kauman Jepara jateng-59417. CALL; +6281904645456 , +6281390345437. E-mail ; edy_putra@ymail.com , edyputrajepara@gmail.com Malayani ; LAS , BODY REPAER MOBIL , MESIN , CAT , JASA FINISHING MEBEL , CALTER MOBIL , MEBEL,FURNITUR
Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese English French German Spain Italian Dutch

Wednesday, February 9, 2011

AKSI KERUSUHAN DI TEMANGGUNG

Ribuan orang terlibat kerusuhan usai persidangan kasus penistaan agama dengan terdakwa Antonius Richmond Bawengan di Pengadilan Negeri Temanggung, Selasa (8/2/2011) siang.

Versi polisi, kerusuhan itu dipicu oleh dakwaan Jaksa Penuntut Umum atas terdakwa Antonius yang dianggap terlalu ringan. Berikut kronologis kerusuhan versi polisi.

"Peristiwa secara kronologis, berawal sejak 23 oktober 2010, pukul 08.00 WIB. Oknum masyarakat bernama Antonius, asal Duren Sawit Jaktim. Keberadaannya tertangkap tangan di masyarakat sedang menyebarkan selebaran berisi penyebaran agama, yang termasuk di dalamnya diletakan di rumah H Bambang Suryoko," jelas Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Briogjen Ketut Untung Yoga Ana, dalam konferensi pers di Mabes Polri.

Warga, lanjut Yoga, lantas melaporkan perilaku Antonius ini kepada Ketua RT setempat, Fahrurozi dan diteruskan ke Polres Temanggung. Setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan, berkas Antonius pun dinyatakan lengkap dan siap disidangkan.

"Kemudian P21 (lengkap) itu pada 19 November dan dilanjutkan pelimpahan kedua," ucapnya.

Yoga menambahkan, sidang sudah dilakukan tiga kali Polres dengan di-back up sepenuhnya oleh Polda Jateng. “(Persidangan) yang t├ádi dilakukan pemberian tuntutan dikenai hukuman 5 tahun,” tegasnya.

"Setelah keluar dari ruang sidang. Begitu keluar massa kemudian melakukan aksi massa kemudian mobil dan melakukan pengerusakan. Dua buah gereja dibakar, ada mobil polisi yang dirusak dua," tutupnya

Sidang Penistaan Agama yang digelar di Pengadilan Negeri Temanggung, Jalan Sudirman, Jawa Tengah, diwarnai kericuhan. Sidang pun terpaksa ditunda akibat insiden tersebut.

Pantauan di lapangan, sidang yang seharusnya membacakan tuntutan tersebut batal dilaksanakan, Selasa (8/2/2011). Pasalnya, massa yang berada di dalam sidang berteriak dan membuat kericuhan.

Untuk mengantisipasi aksi tersebut, terdakwa akhirnya diamankan polisi dengan menggunakan mobil tahanan. Polisi pun menutup jalan keluar agar tidak terjadi kericuhan meluas

Namun penutupan tersebut justru membuat massa kesal. Mereka akhirnya melampiaskan kekecewaan dengan melempar batu ke arah polisi. Bahkan massa membakar truk dalmas dan membalikannya.

Polisi berhasil memukul mundur massa untuk keluar dari pengadilan. Dalam aksi saling dorong ini, sejumlah wartawan terjebak di dalam pengadilan. Ini dilakukan agar polisi tak salah bertindak.

Belum diketahui apakah aksi kericuhan yang terjadi pukul 09.00 WIB ini menimbulkan korban jiwa atau tidak. Namun situasi di jalan kota Temanggung masih mencekam

Kronologi kejadian kerusuhan ditemanggung lengkap baca DISINI
 
TUTORIAL BLOG , GAME online , BENGKEL MOBIL , ISLAMIC , MY FACEBOOK

Artikel Terkait

1 comments:

Anonymous said...

Kapankah negeri ini aman dan sentosa sesuai dengan keinginan masyarakat indonesia...
Satoe noesa.... satoe bangsa....
bersatulah indonesia ....
untuk mewujudkan ketentraman dan kesejahteraan....

Post a Comment

SILAHKAH COMEN DULU...
MAKASIH TELAH MEMBERI COMEN DAN WUKTUNYA....
SALAM PERSAHABATAN.....
edy putra Jl.cik lanang62 Kauman Rt04/05 Jepara-59417

KLIK MENDENGARKAN LAGU



Photobucket

CARI ARTIKEL DISINI

Loading

COMENTATOR

CARA MEMBUKA KLIK KANAN PADA BLOG JEPARA BUMI KARTINI
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger