EDY PUTRA jepara Jl.cik lanang Nm.62 Rt.04/05Kauman Jepara jateng-59417. CALL; +6281904645456 , +6281390345437. E-mail ; edy_putra@ymail.com , edyputrajepara@gmail.com Malayani ; LAS , BODY REPAER MOBIL , MESIN , CAT , JASA FINISHING MEBEL , CALTER MOBIL , MEBEL,FURNITUR
Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese English French German Spain Italian Dutch

Thursday, February 3, 2011

FILTER KONTEN PORNO DENGAN OPEN DNS NAWALA

Penapisan DNS sebagai pilihan

Dari sekian banyak sistem penyaringan kandungan internet, salah satu yang cukup populer adalah Penapisan DNS (DNS filtering). Dari sisi pengguna ia populer karena kemudahan penggunaan, unjuk kerja yang sangkil, kekinian, dan tidak berbayar; sementara dari sisi pengelola dapat disebutkan antara lain, tidak membutuhkan sumber daya yang besar, teknologi yang tidak rumit, dan dukungan/keterlibatan dari penggunanya sendiri, serta penerapannya pada skala masif. Faktor-faktor yang menggiring popularitas tersebut tidak semuanya ditemui pada sistem penapisan lainnya. Misalnya sistem X yang cukup sangkil namun harus berbayar,  sistem Y yang mudah  penggunaannya tapi membutuhkan sumber daya luar biasa, atau sistem Z yang tidak berbayar tapi merepotkan dst.

Di balik popularitas itu juga muncul sedikit kekurangan, yaitu hanya dapat melakukan hadangan pada aras domain tidak pada aras url (uniform resource locator). Sehingga suatu kandungan negatif dari situs yang tidak termasuk dalam daftar hadangan akan tetap bisa diakses, misalnya saja laman yang berbau SARA pada situs jaringan pertemanan Facebook. Kekurangan itu diantisipasi dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan memberitahu pengelola situs tentang laman tersebut. Cara lainnya adalah melakukan pengembangan lanjutan sistem penapisan hingga mampu melakukan hadangan pada aras url (dipaparkan pada DNS Nawala 3 – Pengembangan DNS Nawala)

Perbedaan DNS Nawala dan Sistem Penapisan DNS sejenis

DNS Nawala bukanlah satu-satunya layanan Penapisan DNS yang tersedia secara cuma-cuma. Selain DNS Nawala setidaknya ada 2 (dua) layanan sejenis yang juga populer, yaitu OpenDNS dan ScrubIT.

OpenDNS yang mulai beroperasi bulan Juli 2006 lebih dikenal di Indonesia dibandingkan ScrubIT yang beroperasi setahun kemudian. OpenDNS pula yang mengilhami pengagas DNS Nawala menyediakan layanan sejenis di Indonesia. Jadi tidak berlebihan kalau pada awalnya DNS Nawala sering saya sebut OpenDNS citarasa Indonesia. Citarasa ini pula yang membedakan bagaimana prosedur penggunaannya.

Perbedaan antara DNS Nawala dan OpenDNS ditampilkan pada tabel di bawah ini

Sumber    http://www.nawala.org/

TUTORIAL BLOG , GAME online , BENGKEL MOBIL , ISLAMIC , MY FACEBOOK

Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

SILAHKAH COMEN DULU...
MAKASIH TELAH MEMBERI COMEN DAN WUKTUNYA....
SALAM PERSAHABATAN.....
edy putra Jl.cik lanang62 Kauman Rt04/05 Jepara-59417

KLIK MENDENGARKAN LAGU



Photobucket

CARI ARTIKEL DISINI

Loading

COMENTATOR

CARA MEMBUKA KLIK KANAN PADA BLOG JEPARA BUMI KARTINI
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger