EDY PUTRA jepara Jl.cik lanang Nm.62 Rt.04/05Kauman Jepara jateng-59417. CALL; +6281904645456 , +6281390345437. E-mail ; edy_putra@ymail.com , edyputrajepara@gmail.com Malayani ; LAS , BODY REPAER MOBIL , MESIN , CAT , JASA FINISHING MEBEL , CALTER MOBIL , MEBEL,FURNITUR
Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese English French German Spain Italian Dutch

Tuesday, November 9, 2010

BARRACK OBAMA KE INDONESIA

"Barry Soetoro" nama kecil Obama terus diperbincangan warga Menteng, Jakarta Pusat, meski Barry hanya tinggal di Menteng Dalam selama tiga tahun (1968-1970). Obama pernah bersekolah di SDN 01 Menteng dan SD Fransiskus Asisi pada tahun 1968-1971.
Barack Obama menepati janjinya untuk mengunjungi Indonesia. Headlines CNN, situs berita milik Amerika Serikat pun menyebut Obama berkunjung ke negara masa kecilnya.
Menurut jadwal, pesawat Air Force One yang menerbangkan Obama dan rombongan dari India akan mendarat di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, pukul 15.00 WIB, Selasa (9/11/2010). Kemudian Obama langsung menuju Istana Merdeka, Jakarta, untuk menemui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Rencana kunjungan kenegaraan yang digagas sejak November setahun lalu itu sudah dua kali ditunda realisasinya.
Pada mulanya Presiden Obama berencana mengadakan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada November 2009, usai kunjungannya ke Singapura. Tapi karena ingin mengajak dua putrinya, Sasha dan Malia, berkeliling kota tempatnya dibesarkan, Obama menundanya hingga Juni 2010 yang betepatan dengan libur sekolah. Rencana kunjungan pada Juni 2010 itu sempat dipersiapkan pemerintah AS dan RI secara matang dan detail. Sebab rupanya Obama ingin juga mengajak keluarganya berwisata ke Candi Borobudur serta Ubud, Bali, sehingga lama kunjungan menjadi 3 hari 2 malam.

Tetapi, rencana itu ditunda karena Obama memutuskan untuk mewaspadai dinamika politik nasional AS terkait proses pengesahaan RUU Kesehatan oleh Kongres AS. Jadwal yang ketiga juga ditunda sebab Obama ingin berkonsenterasi memimpin langsung penanggunangan bencana tumpahan minyak mentah di Teluk Meksiko. Kunjungan kenegaraan yang akhirnya terlaksana ini sedikit berbeda dari yang Obama rencana awal, Sasha dan Malia urung berwisata ke Indonesia. Mungkin kelak setelah Borobudur tak lagi berselimut abu vulkanik Merapi, Obama dan keluarganya akan berwisata ke candi yang sempat tercatat dalam daftar 7 Keajaiban Dunia itu.

SOROTAN POLITIK

Di mata Profesor Ilmu Politik, The Ohio State University, R William Liddle, kedatangan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Indonesia tak perlu dinilai terlalu berlebihan.
Sebab Liddle menilai, bagi Amerika, Indonesia bukanlah negara yang patut diperhitungkan di kancah global. Menurutnya, Indonesia mudah dilupakan oleh negara lain.

"Posisi Indonesia terletak jauh di bawah posisi Amerika dalam percaturan politik global masa kini. Di panggung dunia, Indonesia belum menjadi pemain sedang, apalagi besar. Lebih terperinci, sumber daya politik yang dimiliki Indonesia dan bisa dimanfaatkan untuk membantu atau melawan Amerika, tentu demi mengajukan kepentingan Indonesia sendiri, masih sangat sedikit dibandingkan dengan negara-negara lain. Kenyataan itu berarti bahwa Indonesia gampang dilupakan atau dikesampingkan pemain lain," ujar Liddle dalam tulisannya berjudul 'Makna Kunjungan Obama' di harian Kompas, edisi 3 November 2010.

Meski Indonesia adalah negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, namun hal itu tidak berdampak banyak dan berpengaruh dibanding negara-negara Islam di Timur Tengah, bahkan dibanding Pakistan yang wilayah dan penduduknya lebih kecil.
"Indonesia adalah masyarakat Muslim terbesar di dunia serta negara demokratis terbesar ketiga, setelah India dan Amerika. Namun, hal itu tidak berimplikasi bahwa Indonesia berpengaruh di Timur Tengah, Asia Tengah dan Selatan, tempat tinggal sebagian besar umat Islam di dunia. Klaim banyak pengamat dan pejabat bahwa Indonesia adalah semacam role model, suri teladan, bagi kekuatan prodemokrasi di dunia Muslim sama sekali tidak bergema di negara-negara bersangkutan," terang Liddle.

Seperti diberitakan, setelah sempat tertunda dua kali Presiden AS Barack Obama dipastikan akan datang ke Indonesia hari ini, Selasa (9/10/2010) hingga besok, Rabu (10/11/2010). Selama di Indonesia, Obama akan berkunjung ke Istana Merdeka, Masjid Istiqlal, Universitas Indonesia (UI) dan Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Bedug Istiqlal

Dalam kunjungannya ke Masjid Istiqlal, Rabu (10/11/2010), Presiden Amerika Serikat Barack Obama rencananya akan diajak untuk melihat dari dekat keberadaan bedug raksasa.
"Tentu kita ingin menunjukkan pada Obama bahwa bedug adalah satu khasanah budaya khas Indonesia," ujar Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal KH Mubarok saat ditemui dikantornya, Senin (8/11/2010).
Bedug raksasa yang berada di sayap selatan Istqlal itu berdiameter lingkaran depan sebesar 2 meter, dan lingkaran belakang 1,71 meter, dengan panjang mencapai 3 meter dan berat 2,30 ton.

Menurut Mubarok, bedug adalah media untuk memberitahukan waktu salat yang asli Indonesia hasil pertemuan budaya Islam dengan budaya lokal. " Itu membuktikan bahwa Islam disebarkan secara damai," ujar Mubarok
mengatakan pesan yang ingin disampaikannya pada Obama.

Dalam kunjungan ke Istiqlal nanti juga, Obama akan di ajak berkeliling meninjau masjid terbesar se-Asean itu. "Kami akan menjelaskan bahwa bangunan Istiqlal penuh dengan simbol," katanya.

EKONOMI,
Rupiah Menguat ke Rp8.905/USD


Rupiah, menurut kurs tengah Bank Indonesia (BI) berada di Rp8.905 per USD, menguat dibandingkan posisi perdagangan hari sebelumnya yang ada di Rp8.913 per USD.

Sementara menurut yahoofinance, rupiah berada di posisi Rp8.912,5 per USD, dengan kisaran rata-rata perdagangan harian di Rp8.902,5-8.914,5 per USD. Sementara euro tampak melemah ke 1,3838 per USD, dan yen menguat ke 80,835 per USD.

Analis Samuel Sekuritas Indonesia Lana Soelistianingsih menuturkan jika respon pasar relatif netral atas kedatangan Presiden AS Barack Obama ke Indonesia. Tetapi hal tersebut adalah hal yang positif sebagai upaya pertahanan kepentingan AS di Asia.

Presiden AS Obama melakukan perjalan ke Asia, dimulai dengan India, Indonesia dan kemudian melajutkan perjalan ke Jepang sebelum menghadiri pertemuan pemimpin G20 di Korea Selatan akhir minggu ini.

Perjalanan ini selain sebagai upaya untuk mendongkrak ekspor AS pada negara-negara dengan jumlah penduduk besar seperti India dan Indonesia juga membawa misi politik yaitu untuk mengimbangi pengaruh politik Cina di Asia yang meningkat seiring dengan semakin pentingnya peran ekonomi Cina di kawasan ini.

Regional Asia selama ini menjadi partner penting dalam ekonomi dan politik AS, dan Indonesia khususnya sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim yang cukup besar di dunia

ISLAMIC , BELAJAR NGEBLOG , UPDATE STATUS FB

Artikel Terkait

KLIK MENDENGARKAN LAGU



Photobucket

CARI ARTIKEL DISINI

Loading

COMENTATOR

CARA MEMBUKA KLIK KANAN PADA BLOG JEPARA BUMI KARTINI
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger