EDY PUTRA jepara Jl.cik lanang Nm.62 Rt.04/05Kauman Jepara jateng-59417. CALL; +6281904645456 , +6281390345437. E-mail ; edy_putra@ymail.com , edyputrajepara@gmail.com Malayani ; LAS , BODY REPAER MOBIL , MESIN , CAT , JASA FINISHING MEBEL , CALTER MOBIL , MEBEL,FURNITUR
Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese English French German Spain Italian Dutch

Saturday, October 23, 2010

TOMBO ATI ( OBAT HATI )

HATI YANG RESAH GELISAH

Disa'at resesi melanda perekonomian kita.. hati ini terasa risau ,, gundah kulana ataupun apa namanya itu ,,, ?? kemanakah kita akan mengambil sikap untuk pengobat hati yang lagi galau,
Lima pesan Tombo Ati warisan sunan bonang  merupakan jawaban bagi yang menginginkan ketentraman hati. Kita tidak perlu membayar mahal  untuk berpergian jauh jauh atau mencari psikiater ataupun menjauhi keramaian dengan semedi di tempat yang sunyi, dan sebagainya.
Obatnya ada pada diri kita sendiri apakah kita mau menjalaninya ataukah tidak, yakni dengan melakukan 5 hal:  

1. Bacalah AlQuran dan pahamilah maknanya
Cobalah kita tanya pada diri kita sendiri berapa kali kita baca Quran dalam sehari? dalam seminggu? dalam sebulan? Ataukah Al-quran itu hanya sebagai pajangan dan tersimpan di lemari tanpa pernah membukanya? Setiap kali anda membaca Quran dengan khusyu’ di malam hari, dengan irama yang baik, anda akan menemukan kedamaian yang terasa di dalam hati.
Orang mukmin yang membaca Qur’an dan mengamalkannya seperti buah jeruk yang rasanya enak dan baunya harum. Dan orang mukmin yang tidak membaca Qur’an tetapi mengamalkannya seperti buah kurma yang rasanya enak tetapi tidak ada baunya. Dan perumpamaan orang munafik yang membaca Qur’an seperti bunga yang berbau harum tetapi rasanya pahit. Dan perumpamaan orang munafik yang tidak membaca Qur’an seperti labu yang rasanya pahit atau jelek dan baunya pahit pula.

2. Mendirikan shalat malam (tahajjud)
Kalo kita baru pertama kali melaksanakannya, atau belum terbiasa melaksanakannya akan terasa sangatlah berat melaksanakan sholat tahajjud. Disaat semua orang tertidur lelap, di malam yang sunyi, kita bangun di tengah kantuk yang berat. Namun bila anda selesai melaksanakannya maka akan terasa kelapangan hati, karena kita telah berbicara dengan Alloh secara pribadi dan seakan merasakan bahwa Alloh mendengar doa kita.
"Sungguh Nabi SAW shalat malam hingga merekah (bengkak) kedua telapak kakinya. Aisyah berkata kepada beliau : Mengapa engkau melakukan hal ini, wahai Rosulullah, padahal Allah SWT telah mengampuni dosa-dosamu yang telah lalu dan yang akan datang?, Beliau menjawab, Apa aku tidak ingin menjadi hamba yang bersyukur? "

3. Berkumpul dengan orang sholeh
Berkumpul dengan orang-orang sholeh yang selalu menerapkan dan menegakkan agama sangatlah berbeda rasanya dengan orang-orang yang sekuler dan menolak dengan hal-hal yang berbau agama. Bagi kelompok sekuler ajaran agama dianggap sebagai belenggu kebebasan. Namun berada di dekat orang-orang yang rajin shalat, pemurah, selalu berzikir, dan menampakkan wajah yang teduh, membuat hati kita tentram, karena aura kesholehan orang-orang itu memancar pula ke diri kita.

4. Perbanyaklah berpuasa
Berpuasa adalah proses pembelajaran untuk mengontrol emosi dan nafsu kita, yang akan berujung pada suasana hati lebih tenang.
Semua amalan Ibnu Adam dilipat gandakan kebaikan dibalas dengan sepuluh kali sampai tujuh ratus kali lipat, Allah Taala berfirman : Kecuali puasa karena dia itu untuk-Ku dan Aku yg akan membalas, dan dia meninggalkan syahwat dan makanan karena Aku. Bagi orang yg puasa ada dua kegembiraan : gembira ketika berbuka dan gembira bertemu dengan Rab dan sungguh bau mulut orang yang puasa disisi Allah adalah lebih wangi dari pada bau misk.

5. Perbanyak zikir malam
Saat ini, tidak pandang pagi siang malam banyak acara TV yang bagus bagus, mampukah kita meninggalkan acara bagus tersebut untuk bermunajat kepada Allah dengan selalu menyebut nama-Nya, memohon ampunan-Nya, mensyukuri nikmatnya, berharap barokah-Nya. Terutama mampukah kita memperbanyak munajat kepada sang penguasa di malam hari? Bila kita mampu maka hati kita akan tenang dan terasa sejuk.
Allah berfirman: “Aku tergantung prasangka hambaKu kepadaKu. Dan Aku akan selalu bersamanya, apabila ia berdzikir kepadaKu. Apabila ia mengingatKu (berdzikir) dalam dirinya, aku akan mengingatnya dalam diriKu. Apabila ia mengingatKu (berdzikir) pada waktu ramai, maka Aku juga akan mengingatnya pada waktu ramai yang lebih baik dari mereka
Dari kelima tombo ati tuntunan tokoh ternama penyebar agama islam dijawa, berapakah yang bisa kita lakukan dalam keseharian kita?
Seperti yang dikatakan pada baris terakhir lagu Tombo Ati itu:  
salah sawijine sopo biso ngelakoni
mugi-mugi Gusti Allah njembatani
yang artinya:
salah satunya siapa bisa menjalani
moga-moga Gusti Allah mencukupi

Smoga-moga Allah memberikan keridhoan-Nya. Amiin.

 TOMBO ATI BY OPICK


ISLAMIC , BENGKEL , NGEBLOG

Artikel Terkait

KLIK MENDENGARKAN LAGU



Photobucket

CARI ARTIKEL DISINI

Loading

COMENTATOR

CARA MEMBUKA KLIK KANAN PADA BLOG JEPARA BUMI KARTINI
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger