EDY PUTRA jepara Jl.cik lanang Nm.62 Rt.04/05Kauman Jepara jateng-59417. CALL; +6281904645456 , +6281390345437. E-mail ; edy_putra@ymail.com , edyputrajepara@gmail.com Malayani ; LAS , BODY REPAER MOBIL , MESIN , CAT , JASA FINISHING MEBEL , CALTER MOBIL , MEBEL,FURNITUR
Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese English French German Spain Italian Dutch

Monday, March 1, 2010

DUKUNG PULAU KOMODO MENJADI 7 KEAJAIBAN DUNIA

VOTE 7 KEAJAIBAN DUNIA

Pemilihan tujuh keajaiban dunia dilakukan melalui voting secara online di situs . Pemilihan ini digelar organisasi New Open World Foundation yang bekerja sama dengan The United Nation Office for Partnerships yang berpusat di Swiss.

Kali pertama, voting secara online ini dibuka pada Juli 2007. Awalnya ada 441, hingga kemudian panitia akan memilih 21 finalis. Selanjutnya akan ditentukan lokasi mana yang pantas disebut keajaiban baru alam, berdasarkan survei online.

 Pulau Komodo, yang jadi andalan Indonesia dalam ajang New7Wonders of Nature punya keunggulan di banding lokasi-lokasi lainnya, apalagi kalau bukan komodo, satwa langka yang dipercaya sebagai 'dinosaurus terakhir di muka bumi'.

Taman Nasional Komodo yang meliputi Pulau Komodo, Rinca and Padar, ditambah pulau-pulau lain seluas 1.817 persegi adalah habitat asli komodo. Taman Nasional Komodo didirikan pada 1980 untuk melindungi kelestarian komodo. Tak hanya hewan langka tersebut, Taman Nasional Komodo juga untuk melindungi berbagai macam satwa, termasuk binatang-binatang laut.

Taman Nasional Komodo akan bersaing dengan 27 finalis lain termasuk Laut Mati, Grand Canyon, Great Barrier Reef, Gunung Kilimanjaro, dan Kepulauan Galapagos.

Masyarakat dunia bisa memilih lokasi-lokasi mana yang layak berstatus keajaiban baru melalui internet maupun telepon. Tujuh besar pemenangnya akan diumumkan pada 2011. Menurut Ketua New7Wonders, Bernard Weber diharap 1 miliar penduduk dunia akan berpartisipasi dalam voting.

"Kampanye ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mengenai alam, tak hanya yang ada di lingkungan kita tapi juga di seluruh dunia," kata dia kepada AP, seperti dimuat laman JC Online, Selasa 21 Juli 2009.

Kampanye tujuh keajaiban dunia, tambah Weber, juga didedikasikan untuk generasi di masa depan. "Jika kita ingin anak-anak kita menjaga kelestarian alam, kita harus memberi contoh pada mereka," tambah dia.

Weber mengaku sangat senang karena beberapa lokasi seperti laut Mati dan Hutan Amazon merupakan lokasi lintas batas negara. Sehingga, negara-negara yang merasa memiliki Laut Mati atau Amazon akan bekerjasama memenangkan jago mereka.

Ditambahkan dia, voting tertinggi datang dari sejumlah negara Asia termasuk Indonesia, India, Bangladesh, dan Vietnam. Demikian juga dengan Amerika Latin. "Namun, suara dari Amerika Serikat termasuk yang tertinggi," kata Weber.

Sebanyak 28 finalis dipilih oleh sebuah panel ahli dari 77 nominasi. Sebelumnya ada 261 lokasi di dunia yang dicalonkan menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Panel ahli diketuai Federico Mayor, mantan kepala Badan Pendidikan PBB (UNESCO). Penentuan finalis berdasarkan beberapa kriteria yakni soal geografis, keanekaragaman hayati dan arti penting lokasi bagi kehidupan manusia.

Sebelumnya, sekitar 100 juta orang memilih tujuh karya manusia yang termasuk keajaiban dunia tahun 2007 yakni Colosseum Italia, Tembok besar China, Taj Mahal India, Petra Yordania, Patung Kristus Penebus Dosa di Brazil, Machu Picchu di Peru, dan Piramida Chichen Itza Meksiko.

Kepala Pusat Studi Pariwisata (PUSPAR) UGM 

Baiquni menilai penting Taman Nasional Komodo masuk sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia (New 7 Wonders of Nature).

Untuk bisa masuk menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia, Baiquni menyatakan promosi menjadi salah satu upaya penting yang harus dilakukan.

Menurut Baiquni, banyak hal unik di wilayah tersebut termasuk keragaman hayati dan masyarakatnya. Banyaknya wisatawan yang datang Taman Nasional Komodo dinilai akan memberikan berkah kepada masyarakat sekitar. Dengan demikian jika terpromosikan ke dunia tentu hal tersebut akan berdampak sangat positif.

Berkaitan dengan ‘vote for komodo’ melalui media internet ini peran media dinilai sangat penting. “Saya kira masyarakat bisa menggerakkan itu, seperti gerakan dukungan terhadap Prita Mulyasari maupun Bilqis. Dan ini tergantung kita bagaimana menggerakkan akselerasi informasi melalui media”, terang Baiquni, Rabu (10/2/2010).

Dia juga menilai, pembangunan akses secara infrastruktur penting agar orang bisa datang namun yang lebih penting menurutnya adalah konservasi. Karena komodo ini binatang langka maka menurutnya jumlah wisatawannya tidak harus seperti Bali, namun yang datang diharapkan mempunyai kepedulian terhadap masalah konservasi dan kepariwisataan serta budaya.

Untuk vote komodo ini, masyarakat berpacu dengan masyarakat dunia lain.Karena sebenarnya tidak hanya masyarakat Indonesia yang memilih. “Kadang Pemerintah perlu berkampanye lewat media yang sering diputar di seluruh dunia untuk mengajak vote komodo. Ini harus digerakkan kembali terutama promosinya sehingga masyarakat dunia juga tertarik untuk vote komodo,” tambah Baiquni.

CARA IKUTI VOITE

Caranya cukup buka situs New 7 Wonders dan pilih Pulau Komdo sebagai 7 Keajaiban dunia baru. Taman Nasional Komodo sementara ini berada dalam peringkat 13 untuk kategori Hutan/Taman Nasional/ Kekayaan Alam. Pulau Komodo harus menduduki peringat 1 dalam kategori tersebut untuk bisa masuk dalam tujuh keajaiban dunia baru karena yayasan new7wonders menentukan pilihannya berdasarkan jajak pendapat via internet. Kita pernah kehilangan Candi Borobudur karena pada tahun 2007 kemarin hanya sedikit warga Indonesia yang berpartisipasi dalam memilih Candi Borobudur.
Saingannya adalah, Puerta Princesa di Filipina, Dinosaur Provincial Park di Kanada, Eua National Park di tonga, Okawongo Delta di Botswana, Amazon, Tree if Life, Bialowieza Forest, el Kala National Park, dan lain-lain.

PESAN
Indonesia mungkin akan kalah dari negara lain, bahkan negara kecil
yang mengajukan tempat yang tidak terlalu menarik, hanya karena negara
tersebut lebih melek internet ( Singapore contohnya, yang mengajukan
Bukit Timah Nature Reserve). Dan yg lebih menyedihkan lagi, pulau
Sipadan juga termasuk dlm nominee yg diajukan oleh Malaysia .
Brazil misalnya, pemerintahnya menyediakan fasilitas gratis untuk
masyarakatnya yang tidak punya akses internet agar bisa ikut memilih
untuk negaranya.

Untuk itu marilah kita dukung Pulau Komodo dan biarkan masyarakat dunia tahu bahwa Indonesia kaya akan sumber daya alam dan tujuan destinasi dunia.

Karena itu, ayo bantu sebarkan informasi dan ajakan ini! 

Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

SILAHKAH COMEN DULU...
MAKASIH TELAH MEMBERI COMEN DAN WUKTUNYA....
SALAM PERSAHABATAN.....
edy putra Jl.cik lanang62 Kauman Rt04/05 Jepara-59417

KLIK MENDENGARKAN LAGU



Photobucket

CARI ARTIKEL DISINI

Loading

COMENTATOR

CARA MEMBUKA KLIK KANAN PADA BLOG JEPARA BUMI KARTINI
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger