EDY PUTRA jepara Jl.cik lanang Nm.62 Rt.04/05Kauman Jepara jateng-59417. CALL; +6281904645456 , +6281390345437. E-mail ; edy_putra@ymail.com , edyputrajepara@gmail.com Malayani ; LAS , BODY REPAER MOBIL , MESIN , CAT , JASA FINISHING MEBEL , CALTER MOBIL , MEBEL,FURNITUR
Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese English French German Spain Italian Dutch

Tuesday, January 26, 2010

SKIMMING , PEMBOBOL NASABAH BANK MELALUI KARTU ATM

ARTI SKIMMING SECARA UMUM

Skimming adalah teknik baca cepat untuk mengidentifikasi ide pokok sebuah teks. Anda tidak perlu membaca kata per kata seperti baca normal. Kecepatan baca anda 3 sampai 4 kali lebih cepat dari biasa. Orang akan menggunakan teknik ini jika begitu banyaknya bacaan yang harus dibaca dengan waktu yang terbatas. Gunakan skimming untuk melihat apakah teks tersebut sebidang dengan penelitian anda

 skimming, awalnya sama dengan previewing yaitu baca cepat judul, subjudul, lalu baca kalimat pertama atau terakhir setiap paragraf karena biasanya ide pokok ada pada posisi itu.

Ingat bahwa anda menggunakan untuk mencari informasi khusus bukan pemahaman secara menyeluruh. Ide pokok juga akan tergambar pada fakta yang diberikan pada tabel, grafik atau bagan.




MODUS PENCURIAN DI ATM DENGAN SKIMMING

Kartu ATM

Kartu ATM


Lima ratus milyar uang hilang dari beberapa rekening nasabah Bank BCA, BNI dan Permata di Bali. Belakangan menyusul Bank BRI yang kehilangan sekitar Rp. 48 jutaan dari tiga rekening nasabahnya. Kini, hampir setiap ATM dijaga ketat oleh pihak keamanan, baik satpam, polisi, atau tentara. Setiap orang yang menggunakan fasilitas ATM dipesan untuk berhati-hati. Artikel-artikel tentang skimming bertebaran di internet. Setiap pengguna ATM diminta untuk mengganti PIN nya dengan segera. Kepanikan dimana-mana. Hingga ada isu yang tersebar melalui Twitter bahwa tepat jam 12 malam hari sabtu ini (23 Januari 2009) akan terjadi pemblokiran ATM di seluruh Indonesia.
Stop. [Pause sejenak]. Tarik nafas. Tak perlu panik karena memang tak ada kepanikan. Dan saya akan menjelaskan kepada Anda mengapa Anda tak perlu panik. Yang perlu Anda ketahui adalah tentang skimming, cara kerjanya, bagaimana menghindarinya, dan tips singkat mengamankan ATM Anda.

Apa itu Skimming?

Skimming adalah sebuah metode untuk membaca data yang terdapat pada kartu Anda, baik debit atau kredit. Prosesnya dapat terjadi dimana saja, baik itu di ATM, restoran, supermarket, dan di tempat-tempat dimana Anda dapat menggesekkan kartu Anda untuk bertransaksi.

Bagaimana cara kerja Skimming?


Kebanyakan skimmer, alat yang digunakan untuk membaca data kartu Anda, bekerja persis sama dengan mesin-mesin sebenarnya. Alat-alat tersebut dapat ditanamkan atau ditempelkan pada mesin sebenarnya, seperti ATM. Atau bisa juga karyawan yang “nakal” mencoba mencuri data kartu Anda dengan menggesekkannya (tanpa sepengetahuan Anda tentunya) pada alat skimmer yang telah disiapkan sebelumnya.
Modus yang dilakukan untuk mencuri data melalui skimming berubah-ubah. Bahkan, seorang ahli keamanan menyarankan untuk membayar secara online daripada menggesekkan kartu Anda di tempat yang tidak Anda kenal sebelumnya. Resiko memang selalu ada.

Bagaimana cara menghindari Skimming?

Jika dapat, berbelanjalah dengan menggunakan uang tunai. Jika Anda ingin menarik tunai, sedapat mungkin lakukan di ATM yang memiliki penjagaan yang ketat dan hindari ATM kecil yang terletak di pinggir kota, misalnya. Tidak ada jaminan memang, namun faktor keamanan bisa meminimalisir skimming ini.
Jika Anda tak dapat berbelanja dengan uang tunai (mungkin karena terlalu besar jumlahnya), lakukan pembayaran dengan kartu Anda dan AWASI. Beberapa karyawan yang sengaja melakukan skimming biasanya membawa kartu Anda jauh di luar jangkauan Anda (misal dibawa masuk ruangan) agar dapat leluasa melakukan skimming pada kartu Anda. Ikuti kemana karyawan itu membawa kartu Anda.
Jika Anda hendak melakukan tarik tunai, pastikan tak ada kamera tersembunyi (selain CCTV milik bank bersangkutan tentunya) yang mengarah ke mesin ATM, terutama tombol angka untuk memasukkan PIN. Sebisa mungkin tutupi ruang input tombol tersebut dengan badan dan tangan Anda. Namun bersikap wajarlah, jangan berlebihan sehingga Anda dapat dianggap sebagai seorang paranoia.

Tips singkat mengamankan ATM Anda


1. Jangan pernah memberitahukan PIN ATM Anda kepada siapapun.
2. Pastikan bahwa tak ada yang melihat ketikan PIN Anda saat Anda memasukkannya.
3. Jangan pernah memberikan kartu ATM Anda kepada orang lain.
4. Jangan pernah membiarkan orang lain yang tidak Anda kenal membantu Anda menggunakan mesin ATM. Mintalah bantuan, jika Anda memerlukannya, pada petugas yang telah disiapkan untuk itu.
5. Simpan ATM Anda di tempat aman sama seperti Anda menyimpan uang dan benda berharga.
6. Setelah bertransaksi, amankan kartu ATM Anda dan uang tunai Anda. Jangan pernah menghitung uang Anda di luar ruangan ATM.
7. Pastikan kartu ATM Anda telah tersimpan sebelum meninggalkan ATM.
8. Pastikan bahwa tampilan monitor yang muncul adalah tampilan standar setelah Anda selesai melakukan transaksi.
9. Jika pada suatu ketika pesan “sedang memproses…” muncul terlalu lama dari biasanya, tekan CANCEL dan pastikan layar kembali seperti semula.
10. Jangan pernah menuliskan PIN Anda pada kartu ATM Anda. Simpanlah dalam ingatan Anda.
11. Tanda tangani bagian belakang kartu Anda segera setelah menerimanya.
12. Jangan meninggalkan slip transaksi Anda di mesin ATM.
13. Ganti PIN ATM Anda secara reguler, misal 3 bulan atau 6 bulan sekali.
14. Jika kartu ATM Anda hilang atau dicuri, hubungi call-center bank yang bersangkutan dan tulis surat pemberitahuan kehilangan untuk bank Anda agar segera melakukan pemblokiran.
15. Belanjalah pada merchant yang Anda tahu dan percaya. Jangan biarkan karyawan membawa kartu Anda ke tempat lain hanya untuk menggesekkan kartu Anda disana. Ikuti karyawan tersebut, jika perlu.
16. Pastikan bahwa kartu Anda dikembalikan segera setelah transaksi selesai dan pastikan bahwa kartu tersebut adalah kartu Anda.
17. Setelah bertransaksi, bawalah bukti slip transaksi Anda.
18. Lakukan pengecekan berkala (misal sebulan sekali) terhadap pengeluaran Anda terkait kartu yang Anda gunakan. Segera laporkan kepada pihak bank jika ada transaksi yang mencurigakan dan Anda merasa tidak melakukan transaksi tersebut.
19. Hindari memasukkan berbagai macam kartu dalam satu slot atau tempat di dompet Anda. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada kartu-kartu Anda.
20. Setelah Anda selesai bertransaksi dan tak ada masalah dengannya, sobeklah bukti transaksi (jika memang sudah tidak diperlukan) dan musnahkanlah.
sumber

TIPS MENGHINDARI SKIMMING DARI BANK INDONESIA (BI)



Bank Indonesia (BI) menyebarkan kiat-kiat kepada masyarakat, melalui media massa, agar nasabah terhindar dari pembobolan dana melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Modus operandi pembobolan ATM yang digunakan adalah skimming data. Istilah skimming data, yang belakangan sering terdengar, berarti pencurian data nasabah yang tersimpan di dalam kartu dan pencurian atau pengintipan PIN di mesin ATM, melalui kamera yang dipasang oleh pelaku.

Lalu bagaimana cara mengantisipasinya? BI merilis tips untuk menghindari skimming. Berikut ini adalah kiat-kiat menghindari skimming;

1. Melindungi kerahasiaan PIN antara lain dengan menutup dengan tangan ketika memasukkan PIN sehingga PIN tidak dilihat oleh pihak lain, ataupun tidak terpancing memberikan PIN kepada pihak lain yang seolah-olah merupakan petugas bank dan meminta nasabah untuk menyebutkan atau menginput nomor PIN.

2. Memperhatikan kondisi fisik ATM dan sekililingnya dan apabila ada hal-hal yang mencurigakan, nasabah diharapkan tidak menggunakan ATM tersebut dan segera melaporkan kepada pihak bank terdekat dan atau kepada pihak berwajib.

3. Pada saat bertransaksi menggunakan kartu ATM atau debit pada merchant atau toko yang bekerja sama dengan pihak perbankan, diharapkan nasabah memperhatikan kondisi alat Electronic Data Capture (EDC) pada setiap merchant tersebut.

Bila terdapat alat (device) mencurigakan yang menempel pada EDC atau hal lain yang mencurigakan, nasabah diimbau tidak bertransaksi dan segera melaporkan kepada pihak bank terdekat atau kepada pihak berwajib.

4. Segera blokir kartu ATM bila menemukan kejanggalan transaksi.

5. Cari lokasi ATM yang relatif aman.

6. Jangan mudah percaya dengan bantuan orang lain di sekitar ATM
Sumber 


Gambar Cara Kerja Card Scam  (ATM SKIMMING)





1. - Ada kamera mini yang dipasang diatas panel tuts angka.
beratnya kira-kira 1/2 ons

2. - Kamera yang lensanya lebih kecil lensa kamera ponsel ini dilengkapi antena yang mengirim sinyal ke tempat tertentu, secara digital. Biasanya tak jauh dari boks ATM yang sudah di-skimming, atau sesuai jarak jangkau antena
    
3. Kamera inilah yang merekam gerak jari tangan nasabah saat mengetik nomor PINnya

4. Pencuri lalu memasang alat perekam kartu (tapes card skimmer) di mulut slot masuknya kartu.

5. Slot inilah yang merekam data nasabah, nomor rekening yang ada di memori chip kartu ATM.
Sumber

Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

SILAHKAH COMEN DULU...
MAKASIH TELAH MEMBERI COMEN DAN WUKTUNYA....
SALAM PERSAHABATAN.....
edy putra Jl.cik lanang62 Kauman Rt04/05 Jepara-59417

KLIK MENDENGARKAN LAGU



Photobucket

CARI ARTIKEL DISINI

Loading

COMENTATOR

CARA MEMBUKA KLIK KANAN PADA BLOG JEPARA BUMI KARTINI
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger