EDY PUTRA jepara Jl.cik lanang Nm.62 Rt.04/05Kauman Jepara jateng-59417. CALL; +6281904645456 , +6281390345437. E-mail ; edy_putra@ymail.com , edyputrajepara@gmail.com Malayani ; LAS , BODY REPAER MOBIL , MESIN , CAT , JASA FINISHING MEBEL , CALTER MOBIL , MEBEL,FURNITUR
Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese English French German Spain Italian Dutch

Wednesday, January 20, 2010

SIGIT HARYONO WIBISONO ,DITUNTUT JPU HUKUMAN MATI

SIDANG SIGIT AHKIRNYA DI TUNTUT MATI

Pemilik Harian Merdeka itu dijerat pasal pembunuhan berencana pada Kitab Undang-Undang Hukum Pidana. Menurut jaksa Indra Gunawan, terdakwa terbukti bersalah telah membujuk orang lain untuk melakukan pembunuhan berencana.

Jaksa pun menyebutkan hal yang memberatkan Sigit adalah, pembunuhan Nasrudin dilakukan secara terorganisir, Sigit dianggap berbelit-belit dalam memberi keterangan, dan telah memberi uang kepada terdakwa Wiliardi Wizar sebesar Rp 500 juta.

Seperti Antasari dan Wiliardi, terdakwa Sigid Haryo Wibisono juga dituntut hukuman mati oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Terdakwa dinilai terbukti melakukan pembunuhan secara berencana dengan terdakwa lain dengan korban Direktur PT Putra Rajawali Banjaran, Nasrudin Zulkarnaen.

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Sigit Haryo Wibisono dengan pidana mati," ucap JPU Indra Gunawan saat pembacaan tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (19/1/2010).

"Meminta agar majelis hakim menyatakan terdakwa Sigid Haryo Wibisono bersalah dan menjatuhkan pidana mati," ujar Ketua JPU Indra Gunawan, dalam persidangan di PN Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, Jakarta, Senin(18/1/2010). "Tak ada satupun yang meringankan hukuman. Perbuatan terdakwa dilakukan secara terorganisir yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa, terdakwa berbelit-belit selama persidangan, terdakwa tidak mau berterus terang, terdakwa yang menyediakan dana Rp 500 juta," lanjut Indra.


PERAN SIGIT

Peran Sigid dalam kasus ini adalah mengusahakan orang yang bisa membantu menghabisi Nasrudin dengan meminta Kombes Pol Wiliardi Wizar dan hal tersebut disetujui oleh Antasari.

Pertemuan antara Sigid, Antasari dan Wiliardi juga dilakukan di rumah Sigid di Jl Pati Unus Nomor 35 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dalam pertemuan itu, Wiliardi menyatakan kesiapannya kepada Antasari untuk melakukan misinya, membunuh Nasrudin.

Sigid didakwa dengan pembunuhan berencana sesuai dengan Pasal 55 ayat 1 jo 55 ayat (2) Jo 340 KUHP.

PENGACARA MENGAJUKAN PLEDOI

Sholeh menuturkan, secara eksplisit maupun implisit, tidak ada yang menyatakan bahwa Sigit pernah mengadakan meeting (pertemuan) dengan eksekutor Edo. "Apalagi dengan pelaku material. Dalam pertemuan itu tak ada pembicaraan mengenai perencanaan pembunuhan tersebut, yang ada hanya investigasi terhadap teror yang terjadi pada Antasari," paparnya.

"Kalau Anda perhatikan, tuntutan atau pertimbangan hukum dari JPU itu semua mengacu pada petunjuk. Tidak ada yang mngacu pada alat bukti yang sah," kata pengasaca Sigit Haryo Wibisono Sholeh Amin usai sidang pembacaan tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (19/1).

Ia menyebutkan, petunjuk yang digunakan JPU adalah uang Rp 500 ribu. Padahal dari keterangan saksi mengatakan uang tersebut dalam rangka menghilangkan teror terhadap Antasari Azhar.
"Tidak ada satupun bukti yang mengatakan penyuruhan kepada pihak ketiga. Jadi tak ada bukti dari satu orangpun, baik dalam rekaman maupun dalam kesaksian," cetusnya.

Untuk itu, ia akan mengajukan pledoi ke Mejelis Hakim pada 26 Januari, sesuai ketentuan seminggu dari masa sidang pembacaan tuntutan jaksa. "Kedepannya, kami akan mlakukan pembelaan terkait bukti-bukti yang ada dalam rangka mempersoalkan tuntutan yang diajukan JPU," kata Sholeh.

SMOGA 'HUKUM' DINEGRI INI ADIL ,,, SEADIL ADILNYA , Salam Blogger

TUTORIAL BLOG ,MEBEL antik , GAME online , BENGKEL MOBIL , ISLAMIC , MY FACEBOOK

Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

SILAHKAH COMEN DULU...
MAKASIH TELAH MEMBERI COMEN DAN WUKTUNYA....
SALAM PERSAHABATAN.....
edy putra Jl.cik lanang62 Kauman Rt04/05 Jepara-59417

KLIK MENDENGARKAN LAGU



Photobucket

CARI ARTIKEL DISINI

Loading

COMENTATOR

CARA MEMBUKA KLIK KANAN PADA BLOG JEPARA BUMI KARTINI
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger